Absurd

Menyendiri

“Ada saatnya dalam hidupmu engkau ingin sendiri saja bersama angin menceritakan seluruh rahasia, lalu meneteskan air mata” ~Ir.Soekarno


     Sudah hal yang wajar jika manusia memiliki rasa bosan dan kadang rasa bosan itu hadir secara tiba-tiba. Tapi dengan munculnya rasa bosan, bukan berarti bosan hidup. Biasanya rasa bosan itu timbul akibat rutinitas yang begitu-begitu saja atau cenderung monoton. Bisa juga karena ada masalah yang belum terpecahkan dan tidak menemukan solusi untuk memecahkan masalah tersebut.

     Dengan adanya hal-hal tersebut, akhirnya timbul keinginan untuk menyendiri. Ingin lari dari permasalahan karena tidak ada orang yang bisa dipercaya untuk mengatasi suatu masalah.

     Menyendiri memang kadang dibutuhkan oleh beberapa orang, tapi jangan sampai lari dari masalah karena dengan lari dari permasalahan tersebut, berarti kita menambah masalah baru. Mencari tempat yang jauh dari masalah dan gangguan dari siapapun memang cara paling tepat untuk menyendiri. Kita bisa melampiaskan masalah-masalah dengan meneteskan air mata sepuasnya. Lalu kita akan merasakan kelegahan. Bisa juga merenung untuk intropeksi diri siapa tau kita akan mendapat inspirasi dari renungan tersebut untuk memecahkan suatu masalah.

     Sayapun juga sering menyendiri karena saya ingin merenungkan diri saya. Saya sering memikirkan bagaimana nasib saya dimasa mendatang, memikirkan pekerjaan yang akan mendatang, memikirkan pasangan hidup dimasa mendatang, dan masih banyak lagi. Hal-hal tersebut saya pikirkan karena menurut saya itu adalah sebuah hambatan dalam hidup saya. Dengan menyendiri dan memikirkan hal tersebut, saya bisa tau diri saya yang sebenarnya.

     Menyendiri secara positif adalah terapi yang baik untuk mengobati perasaan yang bosan, mendekatkan diri pada tuhan dan menenangkan jiwa raga. Tapi dampak negatifnya adalah gangguan jiwa karena terlalu seringnya menyendiri.

     Kadang dengan menyendiri, banyak teman yang menganggap kita tidak punya teman atau kita adalah orang anti sosial. Padahal tidak, karena menyendiri adalah pilihan dan hal wajar jika orang memilih untuk menyendiri.

     Yang saya tulis disini adalah pengalaman saya pribadi. Bukannya saya mencoba untuk sok tau. Semoga dengan tulisan ini, pembaca dapat mengetahui arti dari menyendiri dan pentingnya untuk menyendiri 🙂

Jika suka, bagikan postingan ini ke:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments